6 Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan


Menggunakan kayu sebagai rangka atap memang sudah sangat lazim digunakan, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, saat ini sudah ada alternatif pengganti kayu yang bisa digunakan sebagai rangka atap, yaitu dengan menggunakan baja ringan. Penggunaan rangka atap baja ringan sudah melalui rangkaian penelitian dan proses uji coba yang cukup lama, sehingga penggunaan baja ringan sebagai rangka atap layak digunakan. 
Kelebihan dari rangka atap baja ringan ialah bobot beratnya yang demikian ringan dibandingkan dengan rangka atap kayu, serta daya tahan terhadap tekanan dan tarikan yang lebih bagus daripada rangka kayu. Dengan sistem pabrikasi dan perakitan yang begitu efisien dan praktis, rangka atap baja ringan dapat memenuhi tuntutan akan efisiensi waktu dalam penyelesaian suatu bangunan.
Berikut ini 6 kelebihan menggunakan rangka atap baja ringan :
  • Rangka atap baja ringan memiliki bobot yang ringan sehingga beban yang harus ditanggung oleh struktur dibawahnya menjadi lebih rendah.
  • Baja ringan tidak akan dimakan rayap serta tahan perubahan cuaca dan kelembaban.
  • Pemasangan rangka atap baja ringan relatif lebih cepat dibandingkan rangka atap kayu
  • Baja ringan bersifat tidak membesarkan atau merambatkan api (non-combustible). Karena baja ringan memiliki sistem proteksi khusus (fire resistance). 
  • Rangka atap Baja ringan juga tidak memiliki nilai muai dan susut sebagaimana material kayu.
  • Menggunakan rangka atap baja ringan akan lebih menghemat biaya perawatan, karena baja ringan memiliki daya tahan lebih lama serta tidak akan terkena rayap dan tidak akan lapuk.
Itulah 6 kelebihan menggunakan rangka atap baja ringan. Dengan mengetahui kelebihannya, maka kita jadi memiliki dasar pertimbangan ketika akan menggunakan baja ringan sebagai kerangka atap.

 
Powered by Blogger